Resiko Membangun Rumah Tanpa Jasa Arsitek

Tentunya Anda mengetahui pembangunan atau renovasi rumah, membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Revisi di gambar lebih murah biayanya dibandingkan dengan revisi di lapangan langsung. Tanpa jasa arsitek, seringkali banyak space / lahan yang terbuang, atau adanya ruang tanpa mendapat akses udara dan cahaya yang semestinya, karena kesalahan tata letak, dan faktor-faktor arsitektur lainnya. Berikut ini adalah resiko dari rumah yang dibangun tanpa jasa arsitek :

  1. Pemborosan akibat salah desain.

Apabila rumah sudah dibangun ternyata Anda tidak sesuai dengan desainnya, maka biaya beresiko membengkak drastis dan ada kemungkinan proyek overbudget, sehingga tidak dapat diselesaikan sesuai dengan target.

  1. Terjadinya kesalahan struktur (Pondasi, Kolom, Balok, Pembesian, dll).

Struktur pembangunan yang baik sangat penting untuk rumah yang kokoh. Jasa arsitek, dalam hal ini Royal Arkeytect juga dilengkapi dengan jasa teknik sipil, yang akan menghindarkan berbagai masalah teknis di lapangan, antara lain kesalahan struktur yang dapat beresiko bangunan Anda retak karena goncangan yang tidak terlalu besar.

  1. Pembongkaran akibat ketidak-sesuaian maksud pemilik. 

Apabila terjadi perbedaan persepsi antara kontraktor dengan pemilik rumah, karena tidak adanya gambar, maka ada 2 hal yang mungkin terjadi, dan dua-duanya adalah hal yang kurang menyenangkan. Kemungkinan pertama adalah : pemilik rumah tidak puas namun berusaha untuk tetap menempati. Kemungkinan kedua adalah : membongkar dan membangun ulang, tapi sangat merugikan secara waktu, budget dan tenaga, sehingga total effort yang dikeluarkan jauh lebih besar daripada biaya membayar jasa arsitek.

  1. Tata Letak Ruang yang Tidak Nyaman. Jika layout rumah Anda tidak sesuai, tidak efektif dan kurang efisien, tentunya investasi pembangunan rumah dan budget yang tidak sedikit, hasilnya menjadi kurang memuaskan.
  2. Rumah yang Kurang Dilengkapi dengan Estetika Desain.Dengan arsitek berpengalaman, dapat membantu Anda membuat desain façade yang mempesona. Sehingga Anda dan keluarga merasa bangga tinggal di dalamnya dan juga bangga mengundang tamu, keluarga maupun tetangga untuk hadir berkunjung.
  3. Dibangun mahal, dijual tidak laku. Jika rumah Anda desain façade kurang menarik, layoutnya kurang professional dan secara struktur kurang aman, maka meskipun dibangun dengan mahal, rumah Anda akan sulit dijual bahkan jatuh harganya.
  4. Hemat tidak menggunakan jasa arsitek, tapi mengeluarkan biaya renovasi yang jauh lebih mahal. Anda berencana menghemat biaya arsitek, tapi bisa mempertaruhkan rumah Anda secara struktur, keindahan desain façade maupun layout, yang akan menimbulkan masalah yang lebih besar?

Bayangkan Anda masuk ke dalam rumah yang desain nya menyerupai hotel kesukaan keluarga Anda. Desainnya professional, dengan layout yang nyaman, memperhatikan setiap detail estetika desain. Anda dengan bangga mengundang tamu atau keluarga untuk barbeque bersama. Keluarga pun jadi nyaman dan betah berada di rumah setelah beraktifitas seharian. Priceless, right…?

Pastikan Anda memilih jasa arsitek yang professional, berbadan usaha yang jelas, memiliki portofolio yang memadai dan berpengalaman di bidangnya.

Nah, dengan Royal Arkeytect, Anda bahkan bisa mendapatkan gambar arsitektur secara GRATIS, tunggu apalagi? Hubungi kami sekarang, untuk membuat estimasi biaya dan survey lokasi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *