Enam Pedoman Emas untuk Desain Rumah

Enam Pedoman Emas untuk Desain Rumah

 

  1. Berpikir dalam 3 Dimensi
    Desainer rumah professional dan tim arsitek dari Royal Arkeytect selalu berpikir dalam 3D ketika mereka bekerja dalam membangun rumah atau renovasi rumah. Royal Arkeytect akan secara konstan menginkorporasi dan mentranslate ide desain dan menterjemahkan ke dalam 3D. Kemampuan ini tidak secara khusus dimiliki semua orang, tapi dapat dipelajari dari waktu ke waktu.
    Berpikir dalam tiga dimensi dapat menjadi sulit, terutama ketika mengkonversi ide dari dua dimensi ke sebuah gedung yang berbentuk menarik dan secara estetika mempesona.
  2. Pemilihan Variasi Material Bangunan yang Tidak Banyak untuk Harmonisasi
    Penggunaan berbagai tipe material yang berbeda, seringkali dapat berakhir dengan penataan desain yang tidak indah. Pastikan pemilihan material yang terkoneksi dengan baik satu dengan yang lain.
  3. Penggunaan Material Konstruksi yang Tepat
    Pastikan rumah Anda sesuai dengan style kesukaan Anda dan budget. Penggunaan struktur yang tidak tepat dapat berdampak kepada terlalu mahal (apabila overspect) dan kurang kokoh (apabila underspect)
  1. Komposisi Desain yang Baik
    Bangunan yang didesain dengan baik melalui berbagai pertimbangan antara lain proporsi, simetri dan repetisi.
  • Proporsi : Rumah yang didesain sebaiknya sesuai dengan skala manusia (tidak terlalu besar atau terlalu kecil).
  • Simetri : Menggunakan metode simetris adalah metode yang sederhana dan tradisional unuk memastikan bangunan tampak nyaman secara visual.
  • Repetisi : Menggunakan repetisi atau pengulangan di dalam rumah membangun kekuatan visual dan kenyamanan. Repetisi di jendela atau pintu, dapat bekerjasama dengan sangat baik di dalam desain.
  1. Desain untuk Memberikan Sentuhan Berbeda Sesuai dengan Kharakter
    Mendesain rumah sangat penting untuk memperhatikan kharakter dari keluarga, apakah menyukai suasana alam, atau memilih putih luxury atau juga berwarna yang ceria.
  2. Memilih lokasi deck yang sesuai dan ukurannya
    Menempatkan deck di lokasi yang tidak sesuai, tidak akan membawa kepada keindahan. Masukkan prinsip – prinsip ini ke dalam penempatan deck Anda sebagai berikut :
  • Jangan mendesain decks off bedrooms : Decks yang berlokasi off bedroom jarang digunakan, kecuali kalau ada lokasi dapur di dekatnya.
  • Hindari lokasi decks yang menghadap ke sebuah view – decks menghadap ke view dapat mengganggu view dari dalam ruangan.
  • Ukuran deck : Jangan mendesain deck berukuran terlalu besar, kecuali kalau kita menginginkan menaruh meja dengan kapasitas 6 kursi. Ukuran deck seharusnya sesuai, tidak terlalu besar namun terlalu kecil. Diskusikan dengan arsitek Anda.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *